Resep Sayur Sederhana Tumis Kubis Telur

Resep Sayur Sederhana, Tumis Kubis Telur-- Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer. Tumbuhan dengan nama ilmiah Brassica oleracea L. Kelompok Capitata ini dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Daun ini tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih, yang disebut krop, kop atau kepala (capitata berarti “berkepala”). Kubis berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat dan, walaupun tidak ada bukti tertulis atau peninggalan arkeologi yang kuat, dianggap sebagai hasil pemuliaan terhadap kubis liar B. oleracea var. sylvestris.

Disamping itu kubis juga banyak manfaatnya loh Cookers untuk kesehatan tubuh kita, berikut manfaat sayur Kubis.
Manfaat Kubis

Memperkuat Sistem Imun Tubuh
Kubis merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Kandungan vitamin C dari kubis lebih besar dari buah jeruk. Jadi, mengkonsumsi kubis dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang anda miliki.

Menyehatkan Organ Pencernaan
Kubis merupakan jenis sayuran yang merupakan sumber serat yang tinggi. Oleh karena itulah, kubis dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan serta menghindarkan dari gejala susah buang air besar atau sembelit.

Penangkal Kanker Yang Efektif
Kubis mengadung sumber antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dalam kubis inilah yang mampu menjaga tubuh dari berbagai radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit kanker. Fakta lainnya, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi kubis untuk meminimalisir kanker payudara yang bisa membahayakan para wanita tersebut.

Nutrisi Untuk Mata Anda
Kubis mengandung sumber nutrisi yang bernama beta karoten. Beta karoten ini dapat membantu mempertajam daya lihat mata sekaligus menangkal katarak dan mencegah penurunan daya lihat orang yang sudah tua.

Penurun Berat Badan Yang Alami
Kubis mengandung berbagai vitamin, mineral dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta rendah kalori. Jadi, Sayuran kubis akan lebih efektif bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badannya secara alami.

Makanan Bagi Otak
Kubis khususnya kubis merah mengandung vitamin K serta antosianin yang akan menutrisi organ otak. Kedua zat tersebut dapat membantu meningkatkan konsentrasi di otak lebih baik. Selain itu, vitamin K dapat menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer dan demensia.

Baik Untuk Tulang Anda
Kubis mengandung sumber mineral antara lain kalsium, magnesium serta potasium. Aneka mineral dalam kubis inilah yang membuatnya sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Dan masih banyak lainnya.

Lumayan banyak juga yaa Cookers manfaat Sayur Kubis bagi kesehatan tubuh kita. Akan lebih baik lagi jika kita rutin mengkonsumsinya. Tapi terkadang ada bingung bagaimana mengolahnya menjadi sayuran yang enak, tapi sederhana membuatnya, gak cuma direbus dan pake garam, hehehe. Tapi tenang, diresep kali ini kita akan membahas Resep Sayur Sederhana, Tumis Kubis Telur. Cukup sisihkan waktu anda 20 menit, sayuran ini siap disantap dan disajikan. Penasaran!? Kita langsung aja yaa memulai pengolahannya, kita awali dari persiapan bahan-bahan terlebih dahulu yaa Cookers.

Bahan-Bahan:

    250 gram kubis, dirajang
    1 ruas jahe, dicincang
    5 siung bawang putih, dicincang
    1 butir telur, kocok lepas dengan ¼ sdt kecap asin dan lada
    1 sdm minyak sayur untuk menumis (bisa menggantinya dengan minyak goreng)

Bahan-bahan Saus:

    60 cc air (60 ml)
    ½ sdm kecap asin
    1 sdt minyak wijen
    lada bubuk secukupnya

Setelah bahan-bahan sudah siap disajikan, kita bisa memulai memasaknya.
Cara Membuat Tumis Kubis Telur:

    Campur semua bahan-bahan saus, sisihkan.
    Siapkan wajan, panaskan minyak sayur, masukkan jahe dan bawang putih, tumis hingga layu.
    Tambahkan kubis, kemudian tumis hingga empuk.
    Tuangkan bahan saus, tumis hingga tercampur rata. Tuangkan telur, aduk-aduk cepat (Menghindari telur matang sebelum tercampur dengan bahan-bahan) hingga matang.
    Matikan api, angkat, sajikan dan santap selagi hangat.

Tumis Kubis Telur siap disajikan dan disantap untuk 4-5 porsi. Sayuran ini cocok sekali untuk pelengkap makan anda sehari-hari. Anda bisa mempadukannya dengan lauk apa pun sesuai dengan selera anda. Untuk referensi resep olahan sayuran enak lainnya, anda bisa lihat disini.

Catatan:

    Agar gizi dari sayuran tidak banyak hilang, jangan memasak terlalu matang. Masak hingga 3/4 matang saja sehingga rasa dan tekstur sayuran masih cukup renyah ketika dimakan.
    Kubis yang digunakan sebaiknya yang masih segar, ya Cookers. Agar nanti hasil tumisannya enak dan kubis bisa memberikan rasa manis ketika digigit.

Subscribe to receive free email updates: