Khutbah Jumat Pendek dan Singkat Al-Fath Risalah Kemenangan

<Khutbah Jumat Pendek dan Singkat Al-Fath Risalah Kemenangan>Allah SWT menurunkan Islam dengan misi yang jelas sebagaimana ditegaskan di dalam surah Al-Fath (Kemenangan) ayat 28 : “Dialah  (Allah) yang telah mengutus  Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang Haqq, agar dizhahirkannya (agama yang haqq itu) diatas seluruh agama-agama yang lain. Dan cukuplah Allah sebagai saksi”. Berarti risalah Islam ditujukan agar umat Islam mencapai kemenangan paripurna dan komprehensif dalam kehidupan dunia ini, sebelum nantinya juga memetik kemenangan di alam akhirat berupa Taman Surga. Kemenangan semacam itu, telah diwujudkan secara sempurna oleh generasi muslim angkatan pertama–para Sahabat ra –dengan dipimpin langsung oleh Nabi Besar Muhammad SAW.


Dengan demikian, tertolaklah pemahaman parsial bahwa sah-sah saja umat Islam mengalami kekalahan dalam berbagai bidang di dunia kini, asalkan mereka di akhirat tetap masuk Surga. Ini adalah pemahaman yang absurd dan kontradiktif yang merupakan apologia semata-mata. Kemenangan yang diajarkan Islam  adalah  kemenangan  total  yang berkesinambungan, diawali dari kemenangan di dunia fana ini dan berlanjut secara kontinu sampai ke Taman Surga di alam akhirat yang baqa’.
http://aang-zaeni.blogspot.com/2017/04/khutbah-jumat-pendek-dan-singkat-al.html

Misi mencapai kemenangan tersebut, memang diprogramkan agar diwujudkan dalam konteks masyarakat multi-kultural, baik dalam makna kemajemukan etnis, kemajemukan bangsa, kemajemukan ideologi, dan sekaligus kemajemukan agama. Dalam suasana multi-kultural semacam itulah umat Islam wajib berjuang mengamalkan Islam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sedemikian rupa sehingga mencapai kejayaan, keunggulan dan kemenangan. 

Kaum Muslimin yang dimuliakan Allah SWT

Pantaslah apabila Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya R.A., dalam Al-Qur’an dipuji sedemikian rupa sebagai umat terbaik sepanjang zaman dari sejak penciptaan awal semesta alam sampai qiamat kubra di akhir zaman nanti : 
“Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk seluruh umat manusia, (karena kalian) menyuruh (berbuat) yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah”. (QS.Ali ‘Imran: 110). 
Ayat ini sekaligus menggambarkan kriteria-kriteria karakter utama yang harus diamalkan dalam rangka mewujudkan misi Islam mencapai kemenangan  yang paripurna.


Penutup surah Al-Fath juga  menggambarkan betapa mulianya karakter Rasulullah Muhammad SAW beserta seluruh sahabat-sahabatnya ra : “Muhammad adalah utusan Allah, dan orang-orang yang bersama dengan dia, bersikap tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kalian lihat mereka ruku’ dan sujud mencari keutamaan dan keridhaan dari Allah. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. Demikianlah perumpamaan mereka di dalam Taurat dan demikian juga perumpamaan mereka di dalam Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat, lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya. Tanaman itu menyenangkan hati para penanamnya, karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang beriman). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shaleh di antara mereka, ampunan danpahala yang agung”.

Hadirin yang berbahagia

Dengan demikian, kewajiban kita semua adalah bersinergi, bekerja sama, beramal jama’i, berhijrah, dan berjihad  mengamalkan  Al-Islam  dalam  rangka  mewujudkan  kemenangan dan  kejayaan  umat Islam di seluruh penjuru dunia. Semoga Allah SWT meridhai kita semua. Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin.

Subscribe to receive free email updates: