Alquran Dalam Pandangan Napoleon Bonaparte

”Sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus, dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh, bahwa bagi mereka adalah pahala yang besar” ( QS Al-Israa: 9 )
 
Pada suatu hari, Napoleon Bonaparte berpikir tentang kaum muslimin, lalu bertanya kepada stafnya : “Di manakah pusat keberadaan mereka?”. Dengan pengetahuan yang terbatas, stafnya memberikan informasi, bahwa sepengetahuan mereka, salah satu pusat kaum muslimin adalah di Mesir. Mengapa Napoleon ingin masuk ke dalam pusat peradaban Islam? Salah satu alasannya mungkin, dia membaca buku sejarah Islam. Memang tercatat dalam sejarah Islam, bagaimana kaum muslimin pernah mampu meruntuhkan dan menguasai dua kerajaan besaryang menguasai bagian dunia, negara adi daya pada jaman itu: Persia  dan  Romawi.

Sebagai  seorang  Panglima  Perang,  tentu  Napoleon ingin  mengetahui  rahasia  kejayaan Islam. Dia tentu belum tahu bahwa motivasi terpenting  yang dimiliki seluruh bala tentara Islam saat itu, adalah berjihad di jalan Allah, dan : ”keyakinan” dalam jiwa mereka, bisa mengalahkan musuh, sesuai firman Allah dalam QS A-Baqarah : 249
“Berkatalah orang-orang yang yakin, bahwa mereka akan bertemu dengan Allah: Berapa banyak terjadi golongan yang kecil/sedikit dapat mengalahkan golongan yang berjumlah banyak/besar dengan izin Allah, dan Allah beserta orang-orang yang sabar.”
Pada tahun 1798, Napoleon memimpin tentara Perancis menyerbu Mesir. Menurut catatan sejarah, langkah init idak termasuk sukses, karena meskipun pertempuran di darat pada umumnya berhasil dimenangkan, tetapi  di  lautan,  armada  Perancis  berhasil  diobrak-abrik oleh armada Inggeris  yang dipimpin oleh Lord Nelson. 

Meskipun  kekalahan  pertempuran  di  laut  ini  mengganggu  konsentrasinya,  tetapi  dia  tetap ingat akan untuk mengetahui seluk beluk Islam. Dan dia sekarang berada salah satu pusat Islam, yaitu Mesir,  negeri yang telah dia  taklukkan. Diam-diam dia mengajak staf dan penerjemah mencari salah satu perpustakaan terbaik di negeri ini.

Ketika di  perpustakaan mempelajari Al-Qur’an,  dia tertarik pada QS. Al-Israa : 9, seperti diatas. Rupanya Firman Allah ini sangat membekas di hati Napoleon. ”Sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus..”. Semalaman dia tidak tidur, karena merenungkan ayat ini. Keesokan harinya Napoleon kembali berkunjung ke perpustakaan dan penerjemahnya membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang lainnya. 

Setelah belajar tentang Islam selama tiga hari penuh, tentu akhirnya Napoleon mempunyai pandangan tertentu  tentang AlQur’an dan kaum Muslimin. Di hari ketiga setelah mempelajari ayat-ayat suci Al Qur’an bersama penerjemahnya, Napoleon bertanya kepada para staffnya : ”Apa makna Al Qur’an bagi kaum muslimin?”, yang dijawab oleh stafnya: ”Kaum muslimin sangat meyakini bahwa Al Qur’an diturunkan oleh Allah swt. kepada Nabi Muhammad saw. Mereka akan memegang teguh Al Qur’an ini sebagai petunjuk, sampai hari akhir”.

Setelah merenung beberapa saat, Napoleon berkata  :”Apa yang saya fahami tentang Kitab ini adalah, saya merasa bahwa apabila seluruh kaum muslimin menjalankan ajaran Kitab ini, maka mereka tidak akan pernah terhina. Selama Al Qur’an berkuasa dalam kehidupan  kaum  muslimin, maka  mereka tidak akan  tunduk kepada siapapun, termasuk kepada kita, orang-orang Barat; Kita hanya akan dapat menundukkan mereka, apabila kita bisa memisahkan mereka, kaum muslimin dengan Al Qur’an.

Sangat menarik, karena hampir mirip dengan kejadian bangsa kita dan umat Islam saat ini. Kita menjadi bangsa yang terhina karena tidak menjalankan agama kita. Ummat Islam bisa ditundukkan, karena mereka, bangsa lain, berhasil memisahkan kita dari Al-Qur’an. Marilah  kita  bertanya  kepada diri  kita  masing-masing : ”Pernahkah kita, merasa sangat tertarik pada salah satu firman Allah swt, lalu merenungkannya dengan sungguh-sungguh, sampai tidak bisa tidur semalaman seperti Napoleon  Bonaparte, yang bukan orang Islam? ”Seandainya belum pernah, maka salah satu jawabannya adalah mungkin kita kurang bersungguh-sungguh dalam mengamalkan Islam kita. Kita katakan yakin bahwa  Islam adalah jalan keselamatan dunia akhirat,  tetapi  perilaku  kita  tidak Islami.

Dalam  QS  Ali Imran: 103, Allah swt. memerintahkan : ”Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah....,”. Tetapi yang kita saksikan adalah anta-rpolitisi, antar-kelompok masyarakat, bahkan antar-pemuda, antar-mahasiswa sudah sangat terbiasa saling memaki, saling menghinakan, saling merusak, saling menerkam, bahkan saling membunuh. Akibatnya, masyarakat kita yang terkenal lemah-lembut, kini menjadi buas; orangtua kita di jaman dulu yang terkenal amanah, di jaman ini korupsi semakin mengganas; negara kita yang sesungguhnya kaya raya, malahan manjadi bangsa yang terlunta-lunta  dan  terhina.

Ini  semua  karena  kita  sudah  melepaskan  diri  dari  tali  agama,  sesuai    firman  Allah  dalam QS Ali Imran: 112, ”Mereka diliputi kehinaan di mana pun mereka berada, kecuali bila mereka (berpegang) pada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia. Mereka mendapat murka dari Allah dan (selalu) dirundung kesengsaraan”.

Kemudian firman ini lebih ditegaskan kembali oleh Rasulullah saw : “Niscaya Allah akan timpakankehinaan  kepada kalian, tidak akan dicabut/dihilangkan kehinaan ini, hingga kalian kembali kepada agama kalian.” Tetapi Allah swt tentu tidak  membiarkan  keterpurukan umat Islam dan bangsa  kita khususnya.

Allah  swt  berjanji  dalam  firman-Nya QS  An  Nur  :  55, “Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kalian dan mengerjakan amal-amal shalih bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi,  sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka dan Dia benar-benar akan mengganti keadaan mereka sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadiaman sentosa....”

Apabila  kita  memang  bersungguh-sungguh  ingin  bangsa  kita  adil  makmur,  aman  sentosa, bermartabat  dan  disegani  bangsa  lain,  maka  Allah  swt  pun  telah  memberikan  petunjuk dengan sungguh-sungguh, dan  sangat jelas yakni agar kita beriman dan mengerjakan amal shalih.
Wallahu a’lam bishshawab
”Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus, dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh, bahwa bagi mereka adalah pahala yang besar”( QS Al-Israa: 9 )
Pada suatu hari, Napoleon Bonaparte berpikir tentang kaum muslimin, lalu bertanya kepada stafnya : “Di manakah pusat keberadaan mereka?”.Dengan  pengetahuan  yang terbatas,  stafnya  memberikan informasi, bahwa sepengetahuan mereka, salah satu  pusat kaum muslimin adalah di Mesir.

Mengapa Napoleon ingin masuk ke dalam pusat peradaban Islam? Salah satu alasannya mungkin, dia membaca buku sejarah Islam. Memang tercatat dalam sejarah Islam, bagaimana kaum muslimin pernah mampu meruntuhkan dan menguasai dua kerajaan besar yang menguasai bagian dunia, negara adi daya pada jaman itu: Persia dan Romawi. Sebagai seorang Panglima Perang, tentu Napoleon ingin mengetahui rahasia kejayaan Islam. Dia tentu belum tahu bahwa motivasi terpenting yang dimiliki seluruh bala tentara Islam saat itu, adalah berjihad di jalan Allah, dan : ”keyakinan” dalam jiwa mereka, bisa mengalahkan musuh, sesuai firman Allah dalam QS A-Baqarah : 249
“Berkatalah orang-orang yang yakin, bahwa mereka akan bertemu dengan Allah: Berapa banyak terjadi golongan yang kecil/sedikit dapat mengalahkan golongan yang berjumlah banyak/besar dengan izin Allah, dan Allah beserta orang-orang yang sabar.”
Pada tahun 1798, Napoleon memimpin tentara Perancis menyerbu Mesir. Menurut catatan sejarah, langkah ini tidak termasuk sukses, karena meskipun  pertempuran di darat pada umumnya berhasil dimenangkan, tetapi di lautan, armada Perancis berhasil  diobrak-abrik oleh armada Inggeris yang dipimpin oleh Lord Nelson.
 
Meskipun kekalahan pertempuran di laut ini mengganggu konsentrasinya, tetapi dia tetap ingat akan untuk mengetahui seluk beluk Islam. Dan dia sekarang  berada salah satu pusat Islam, yaitu Mesir, negeri yang telah dia taklukkan. Diam-diam dia mengajak staf dan penerjemah mencari salah satu perpustakaan terbaik di negeri ini. Ketika di perpustakaan mempelajari Al-Qur’an, dia tertarik padaQS.Al-Israa : 9, seperti diatas. Rupanya Firman Allah ini sangat membekas di hati Napoleon. ”Sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus..”. Semalaman  dia tidak tidur, karena merenungkan ayat ini. Keesokan harinya Napoleon kembali berkunjung ke  perpustakaan dan penerjemahnya membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang lainnya.

Setelah belajar tentang Islam selama tiga hari penuh, tentu akhirnya Napoleon mempunyai pandangan tertentu tentang Al-Qur’an dan kaum Muslimin. Di hari  ketiga  setelah mempelajari ayat-ayat suci Al-Qur’an bersama penerjemahnya, Napoleon bertanya kepada para staffnya: ”Apa makna Al Qur’an bagi kaum muslimin?”,yang dijawab oleh stafnya :” Kaum muslimin sangat meyakini bahwa Al-Qur’an diturunkan oleh Allah swt. kepada Nabi Muhammad saw. Mereka akan memegang teguh Al-Qur’an ini sebagai petunjuk, sampai hari akhir”.

Setelah merenung beberapa  saat, Napoleon berkata : ”Apa yang saya fahami tentang Kitab ini adalah, saya merasa bahwa apabila seluruh kaum muslimin menjalankan ajaran Kitab ini, maka mereka tidak akan pernah terhina. Selama Al Qur’an berkuasa dalam kehidupan  kaum  muslimin, maka mereka tidak akan tunduk kepada siapapun, termasuk kepada kita, orang-orang Barat; Kita hanya akan dapat menundukkan mereka, apabila kita bisa memisahkan mereka, kaum muslimin dengan Al Qur’an.

Sangat menarik, karena hampir mirip dengan kejadian bangsa kita dan umat Islam saat ini. Kita menjadi bangsa yang terhina karena tidak menjalankan agama kita. Ummat Islam bisa ditundukkan, karena mereka, bangsa lain, berhasil memisahkan kita dari Al-Qur’an.

Marilah  kita  bertanya kepada diri  kita  masing-masing :”Pernahkah kita, merasa sangat tertarik pada salah satu firman Allah swt, lalu merenungkannya dengan sungguh-sungguh, sampai tidak bisa tidur semalaman seperti Napoleon Bonaparte, yang bukan orang Islam?”

Seandainya belum pernah, maka salah satu jawabannya adalah mungkin kita kurang bersungguh-sungguh dalam mengamalkan Islam kita. Kita katakan yakin bahwa Islam adalah jalan keselamatan  dunia akhirat, tetapi perilaku kita tidak Islami.  Dalam QS AliImran: 103, Allah swt. memerintahkan : ”Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan  janganlah  kamu sekalian berpecah  belah....,” . Tetapi yang kita saksikan adalah antarpolitisi, antarkelompok masyarakat, bahkan antarpemuda, antarmahasiswa sudah sangat terbiasa saling memaki, saling menghinakan, saling merusak,  saling menerkam, bahkan saling membunuh.

Akibatnya,masyarakat kita yang terkenal lemah-lembut, kini menjadi buas; orangtua kita di jaman dulu yang terkenal amanah, dijaman ini korupsi semakin mengganas; negara kita yang sesungguhnya kaya raya, malahan manjadi bangsa yang terlunta-lunta dan terhina. Ini semua karena  kita  sudah melepaskan diri dari tali agama, sesuai firman Allah dalam QS Ali Imran: 112,”Mereka diliputi kehinaan di mana pun mereka berada, kecuali bila mereka  (berpegang)  pada  tali  (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia. Mereka mendapat murka dari Allah dan(selalu) dirundung kesengsaraan”. Kemudian firman ini lebih ditegaskan kembali oleh Rasulullah saw.: ''Niscaya Allah akan timpakan kehinaan kepada kalian, tidak akan dicabut/dihilangkan kehinaan ini, hingga  kalian kembali kepada agama kalian.''.

Tetapi Allah swt tentu tidak membiarkan keterpurukan umat Islam  dan  bangsa  kita khususnya. Allah swt berjanji dalam firman-Nya QS An Nur : 55,“Allah telah berjanji kepada  orang-orang  yang beriman di antara kalian dan mengerjakan amal-amal shalih bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi  mereka  agama yang  telah  diridhai-Nya untuk mereka dan  Dia  benar-benar akan mengganti keadaan mereka sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadiaman sentosa....”.

Apabila kita memang bersungguh-sungguh ingin bangsa kita adil makmur, aman sentosa, bermartabat dan disegani bangsa lain, maka Allah swt pun telah memberikan  petunjuk dengan sungguh-sungguh, dan sangat jelas yakni agar kita beriman dan mengerjakan amal shalih. Wallahu a’lam bishshawab

Subscribe to receive free email updates: