NYANYIAN DUNIA KETIGA

Nyanyian Dunia Ketiga. Sebagai kawasan yang termasuk dunia ketiga,Afrika telah banyak melahirkan sastrawan yang lebih dikenal dunia. Nama-nama seperti Leopold Sedar Senghor, Chinua Achebe atau Tchicya U.Tam'si  sudah lebih dulu terlibat dalam perbincangan kesusastraan dunia,dibanding dengan sattrawan-sastrawan dari kawasan Asia Tenggara umpanya.

Salah satu hal yang membuat mereka lebih cepat mengorbit terutama disebabkan karena mereka menulis dalam bahasa Inggris,bahasa dari negara yang begitu lama menjajah mereka. Dari satu sisi tentu saja hal ini menguntungkan. Karya-karya mereka begitu cepat terorbit,apalagi karya-karya sastra modern mereka yang begitu dipengaruhi pandangan Barat sangat menarika perhatian para peneliti dan Intelektual Barat.

      Tapi dipihak lain,banyak kritikus dan pengamat sastra menilai apa yang dilakukan oleh pra sastrawan Afrika yang menggunakan bahasa bekas penjajah  sangat merugikan kebudayaan mereka  sendiri. G.A Heron misalnya,kritikus ini memandang bahwa apa yang dilakukan sastrawan-sastrawan Afrika yang ingin mengungkapkan berbagi masalah negerinya dengan memakai alat dari luar cukup berbahaya. Menurutnya, Jika seseorang meminjam bahasa berarti meminjam berbagai hal asing lainnya yang terkandung dalam bahasa itu. Padahal, setiap bahasa memiliki seperangkat citraan tersendiri yang menggambarkan sikap tertentu terhadap segala sesuatu. Selain itu setiap bahasa mempunyai bentuk-bentuk sastra yang khas dan tak bisa diungkapkan dengan bahasa lain. Dan kenyataan ini nampaknya kurang disadari oleh sastrawan Afrika dari angkatan awal.

       Dalam perkembangannya kesusastraan Afrika memang terjadi perubahan.Beberapa sastrawan yang lebih muda menyadari bahwa karya-karya sastra negerinya lebih dekat pada kesusastraan Barat dibanding kesusastraan tradisional Afrika. Diantara sastrawan yang menyadari kondisi ini adalah Okot p'Bitek seorang penyair dari Uganda,yang begitu sungguh-sungguh kekayaan Afrika lewat citraan,kiasaan,perlambangan serta suasana yang berdasarkan tradisi leluhurnya. Karya Okot bahkan telah memaksa para pengamat Barat untuk menengok sastra lisan Acoli.salah satu kelompok etnis di Uganda.
      Okot p'Bitek dilahirkan di Gulu,bagian utara Uganda,pada tahun 1931. Berpendidikan sekolah guru dan kemudian mengajarkan Agama dan bahasa dikota kelahirannya. Kegemarannya pada kesastraan sama besar dengan  minatnya pada olah raga sepakbola. Bahkan sepakbolalah yang kemudian mengubah arah hidupnya.sebagai salahsatu pemain dari tim nasional Okot sempat berkeliling  ke berbagai daerah di Uganda dan mengenal kekayaan tradisi leluhurnya yang tenyata menjadi pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi karir kepenyairannya kelak. Sebagai pemain sepakbola Okot pun banyak melewat ke luar negeri,dan sehabis bertanding di Inggris ia berkesempatan belajar hukum di Universitas Oxford.
      Pada masa studinya perhatian Okot pada tradisi leluhurnya semakin tumbuh dengan kecintaan yang mendalam.Dia kemudian melepaskan agama Kristen dan mengubah perhatiannya dari studi  menegenai peradaban Barat ke penelaahan tentang budaya dan tradisi leluhurnya sendiri. Karya-karya Okot dengan sendirinya mencerminkan sikap ini. Dia membela Afrika yang sering dianggap biadab,liar, dan primitif lewat sajak-sajaknya dalam bahasa Acoli. Diapun menyusun nyanyian-nyanyian rakyat dan kisah-kisah tradisional Afrika,disamping menulis esei-esei yang mengungkapkan pandangnanya bahwa negeri-negeri di Afrika harus dibangun berlandaskan pada tradisi leluhurnya sendiri.
      Diantara buku-bukunya yang sudah terbit adalah Afrika's Cultural Revolusion (1975), The Horn Of  My Love (1974), Here And Hornbill (1978) dan yang paling terkenal Song Of Lawino (1966) serta Song Of Ocol (1967) yang telah diterjemahkan Sapardi Djoko Damono menjadi satu buku yang berjudul  Afrika Yang Resah (1988). Dua puisi panjang ini dengan gamblang  berbicara tentang modernisasi  dan dampaknya di Afrika lewat dua sudut pandang yang berbeda. Lawino mewakili pandangan Afrika yang tradisional,sedangkan suaminya Ocol ,mewakili pandangan dan sikap orang Barat. Dua puisi panjang yang mengingstksn kits pada Pengakuan Pariyeum Linus Suryadi AG ini menjadi menarik untuk direnungkan karena mempunyai relevansi permasalahan denagn kita disini,meskipun situasinya sangat berbeda.
       Okot p'Bitek menulis nyanyian Lawino ditengan-tengah kesibukannya menyiapkanFestival Gulu,dimana dia begitu banyak berhubungan dengan orang-orang dari berbagai tradisi yang ada dinegerinya. Maka dalam sajak ini terasa sekali intensitas pergumulan Okot dengan permasalahan yang dihadapi saudara-saudaranya. Okot bukan hanya merekam,tapi juga melibatkan diri dalam masalah ini. Dia senagja mengambil bentuk ungkapan seperti nyanyian yang bertutur.
        Lewat tokoh Lawino ,seorang wanita dysub Afrika,Okot berbicara tentang banyak hal yang berintikan pergolakan sosial budaya dinegara yang sedang berkembang,khususnya Afrika. Lawino adalah seorang wanita dusun yang sangat mencintai tradisi leluhurnya dan menolak perubahan-perubahan yang dilakukan kaum penjajah dari barat. Bagi sang penyair,Lawino bukanlah sekedar tokoh ciptaan,tapi juga alat untuk menyuarakan Afrika yang asli. Dia berhadapan dengan Ocol ,suaminya yang telah kena pengaruh kaum penjajah. Dengarkan bagaimana Lawino berkata pada suaminya:
                   Suamiku,kini kau meremehkanku
                   Kini kau kasar padaku
                   Kau bilang aku mewarisi kebodohan
               bibiku,
                   Putra Pak Kepala,
                   Kini kau bandingkan aku dengan
               sampah
                   Dilobang sampah,
                   Kau bilang kau tak lagi
               membutuhkan aku
                   Sebab aku barang buangan
                   Dipekarangan yang ditinggalkan
                                      .......
                   Kau bilang aku tak kenal aksara "A''
                   Sebab akun tak pernah sekolah
                   Dan tak pernah dibaptis
                   Atau dengarkan bagaimana Lawino
               melukiskan suaminya:
                    Ia bilang ibuku tukang tenung
                    Ia bilang kaumku dungu
                    Lantaran suka makan tikus
                    Ia bilang kami ini penyembah
               berhala
                    Kami tak kenal jalan tuhan
                    Dan tak kenal Injil
                    Ia bilang ibuku menyimpan jimat
                    Dan ia bilang kami semua tukang
               tenung

   Kemarahan Lawino sebagai istri yang dipeerlakukan kasar oleh suaminya sesungguhnya merupakan metafor rakyat Afrika terhadap kaum penjajah atau orang-orang Afrika yang bertindak tanduk sebagai orang Barat.
   Dalam bait-bait yang lain Lawino pun tak kalah sinisnya mengejek Ocol sebagai orang Afrika yang tak tahu diri,yang begitu terkagum-kagum pada kebudayaan asing yang menista bangsa       sendiri.Dalam puisi panjang ini dikisahkan Ocol mengambil wanta Afrika lain yang berpandangan modern sebagai istri  barunya untuk menggantikan Lawino. Kita simak bagaimana Lawino memandang Clementine,wanita yang menjadi madunya itu:
                    Aku tak suka melumuri wajahku
              dengan bedak,
                    Itu hanya cocok untuk kulit merah
              jambu
              Sebab memang sudah tampak pucat,
              Tapi kalau wanita memakainya
              Ia seperti kena disentri;
              Si Tina kelihatan sakit-sakitan
              Dan geraknya lamban
              Kasihan sekali tampaknya!

   Kemudian Lawino banyak mengungkapkan ketidakmengertiannya terhadap sikap dan adat istiadat orang Barat. Dengan gigih ia membela semua warisan leluhurnya yang selama ini dianggap primitif oleh suaminya. Lawino tak mengerti mengapa banyak orang Afrika mengambil kebudayaan Barat sebagai miliknya. Tentang waktu umpamanya,Lawino sungguh tak mengerti bagaimana waktu dipecah-pecah menjadi detik,menit,jam atau hari. Bagi orang Afrika yang akrab dengan alam terbuka waktu tidak terbatas, dan manusia tak perlu diperbudak waktu. Tidur,makan atau bekerja boleh kapan saja. Sedangkan bagi Ocol, menyusui pun harus ada jadwalnya. Semua harus tertib dan teratur.
    Dengan nyanyian Lawino ini,Okot p'Bitek pun mempersoalkan agama (Kristen) dengan segala ritualnya,yang dalam pandangan Lawino tak lebih dari urusan tenung dan takhyul. Lawino juga bukanlah wanita dusun yang bodoh, sebab is juga mempersoalkan politik dan para pemimpinnya yang hanya sibuk berebut kedudukan. Pada bagian akhir nyanyiannya, Lawino berusaha menyadarkan suaminya ysng tslsh tersesat dan murtad untuk kembali mencintai tradisi, kembali menjadi diri sendiri. Nampaklah disini misi yang diemban Okot lewat puisi ini ,yakni menghidupkan kembali semangant Afrika yang kaya akan tradisi dan nilai buday
                                                                 
                                                                           ***
     Lewat kesaksian dan pengakuan Lawino,penyair besar Uganda ini hanya mempersoalkan Afrika sebagai negara yang sedang bergejolak dalam pertarungan nilai-nilai dari satu sisi,yakni dari sudut pandang orang Afrika yang mengagungkan tradisi nenek-moyangnya,yang ternyata dalam pandangan obyektif tidak selalu berarti positif. Sebagai intelektual yang dididik sejak kecil dalam lingkungan Barat dan kemudian jatuh cinta pada tradisi negerinya, Okot p'Bitek merasa perlu mempersoalkan Afrika dari sisi lain, yakni dari sudut pandangan Barat lewat tokoh Ocol yang dalam pandangan obyektif juga tidak selalu negatif . Sebagai jawaban atau tandingan, nyanyian Ocol ditulis setelah nyanyian Lawino mendapat sambutan hangat di mana-mana. Tidak seperti sajaknya yang pertama, Nyanyian Ocol ini ditulis langsung dalam bahasa Inggris serta dengan proses penciptaan yang berbeda suasananya  dibanding dengan saat menulis nyanyian Lawino.
     Dalam jawabannya Ocol tak kalah sinis dan pedas menghantam Lawino, yang juga umumnya orang Afrika, sebagai sampah yang harus segera ditinggalkan. Suara Ocol terdengar sangat sombong dengan keangkuhannya sebagai manusia modern yang melecehkan nilai-nilai tradisional yang sudah ketinggalan zaman. Kita simak bagaimana Ocol memandang negerinya dengan sinis:

                       Apakah Afrika
                       Bagiku?
                       Kegelapan
                       Kegelapan yang dalam
                       Dalam tak terkirakan
                       Afrika
                       Raksasa malas
                       Berjemur diri dimentari
                       Tidur; ngorok
                       Berkedut dalam mimpi

    Berbeda dengan Lawino seorang wanita dusun tanpa pendidkan, maka Ocol adalah tokoh intelektual, pemimpin politik yang ingin merubah Afrika setuntas-tuntasnya. Ocol menghina istrinya yang dianggap kuno, mengusirnya dan memimpikan sebuah dunia baru. Ocol persetan dengan tradisi dan nilai-nilai luhur nenek moyang, muak dengan sikap hidup orang-orang Afrika yang penuh takhyul. Dia menginginkan Afrika yang benar-benar baru dengan berlandaskan peradaban Barat dan mengubur Afrika lama sedalam-dalamnya.

    Pertentangan Lawino dan Ocol adalah pertentangan khas negara-negara yang sedang berkembang. Lewat kedua puisi panjangnya ini Okot p'Bitek memberikan kesaksian bagi negerinya yang baru saja lepas dari cengkraman kekuasaan Barat dan berada pada masa transisi yang sulit. Banyak persoalan penting dan mendasar yang terungkap dengan sangat tajam dalam kedua puisi ini, yang juga mempunyai relevansi dengan negara-negara dunia ketiga lainnya. Modernisasi yang digalakkan di satu pihak untuk mengejar ketinggalan sering menuntut pengorbanan yang tidak sedikit  pada pihak lain. Tapi lebih dari semu itu, kedua puisi yang sarat dengan pesan dan bahkan bernada propaganda di sana-sini tidak jatuh menjadi slogan yang murahan. Okot cukup pekat mengungkapkan permasalahan negerinya dalam kapasitasnya sebagai sastrawan. Artinya, dia begitu sadar sedang menulis puisi meskipun begitu banyak masalah yang ingin disampaikan. Dia tidak memperalat sastra untuk menyampaikan gagasan-gagasannya atau sebaliknya.
     Dalam kedua puisi ini kita banyak menemukan metafor-metafor  khas Afrika yang sesungguhnya agak asing bagi kita, tapi masih bisa kita nikmati sebagai pengalaman baru. Gayanya yang sederhana dan lugas, dengan penggunaan bahasa yang jernih dan terang, Okot telah memberikan warna lain pada dunia kesusastraan yang digali dari tradisi leluhurnya.
     Tepat sekali apa yang disampaikan Mochtar Lubis dalam prakatanya dibuku ini,bahwa sastra bukanlah tulisan sejarah dan tidak dapat digunakan sebagai sumber penulisan sejarah. Akan tetapi sastrawan yang baik akan selalu  berhasil melukiskan dan mencerminkan zaman serta masyarakatnya. Sastrawan yang baik akan menampilkan pengalaman manusia dalam kondisi dan situasi yang berlaku pada masayarakatnya. Dan jika demikian persoalannya, maka puisi penyair Uganda ini adalah salah satu contoh dari karya sastra yang baik itu,yang mampu mencerminkan zaman dan masyarakatnya tanpa kehilangan pesona estetik sebagai karya seni.

Subscribe to receive free email updates: