Arti dan Makna Mimpi Menurut Pandangan Islam | Tafsir Mimpi

Jangan remehkan arti dan makna mimpi, karena di dalamnya mengandung hikmah yang harus mendapatkan tafsiran yang cermat. Dalam pandangan Islam, mimpi sudah dijelaskan dan dibahas dalam Al Quran dan hadits.

Arti & makna mimpi menurut pandangan Islam terbagi menjadi tiga, yaitu mimpi yang berasal dari Tuhan (Allah), diri sendiri, dan setan. Allah ingin memberikan petunjuk kepada kita atau kabar gembira.

Mimpi dari diri sendiri biasanya disebabkan ada sesuatu yang dipikir terlalu dalam, terpatri di dalam otak dan pikiran, teringat dan terngiang hingga terbawa ke alam mimpi saat tidur. Itulah yang dinamakan sebagai bunga tidur.

Mimpi yang berasal dari setan, biasanya bersifat jelek, menakut-nakuti, mengerikan, menyeramkan, dan mimpi buruk lainnya. Bahkan, orang yang diguna-guna, teluh, santet, tenung, atau dikirimi jin jahat biasanya juga diperlihatkan melalui mimpi.

Sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad Saw dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari Muslim (Muttafaq Alaih), bila kamu sedang mimpi buruk, saat terbangun, segera meludah ke kiri tanpa mengeluarkan air ludah sebanyak tiga kali dan mengucapkan audzubillahi minasyaitan nirrajim (ta'awudz).
http://aang-zaeni.blogspot.com/2016/12/arti-dan-makna-mimpi-menurut-islam.html
                Ilustrasi perempuan tidur dan bermimpi, jiwanya keluar dari tubuh. (Wikipedia)

Rasulullah Saw juga manyarankan agar tidak menceritakan mimpi buruk kepada orang lain. Begitu juga dengan mimpi baik, jangan pula diceritakan kepada orang lain, kecuali memang orang itu yang kita sukai. Hal itu untuk menghindari adanya iri hati pada orang yang Anda ceritai tentang mimpi bagus Anda.
Karena itu, sebaiknya kita berdoa dan meminta kepada Allah agar diri kita dijaga saat tidur. Allah maha melihat dan maha mendengar, kita hanya berdoa dan meminta kepada-Nya.

Menurut Saya, pada saat tidur, jiwa seseorang akan mengembara di suatu alam dimensi lain sedangkan ruh kita tetap berada di badan/tubuh. Maka, mohonlah perlindungan kepada Allah agar jiwa kita dijaga untuk selalu berada di jalan-Nya.

Mimpi dalam Al Quran
Dalam Al Quran, kata-kata "mimpi" disebutkan dalam sejumlah surat. Salah satunya, Surat Al Israa ayat 60, "Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian untuk manusia."

Dalam Alquran Surat Ashshaaffaat ayat 102 yang mengisahkan mimpi Nabi Ibrahim yang mendapatkan wahyu untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail melalui mimpi. "Hai, anakku. Sungguh aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu."

Dalam Al-Qur'an QS Yusuf ayat 6, "Begitulah Tuhanmu, memilih kamu (menjadi nabi) dan diajarkan kepadamu sebagian dari tabir mimpi-mimpi..."

Tafsiran, arti & makna mimpi dalam pandangan Islam
Betapa pentingnya mimpi sehingga juga disebut dalam kitab suci umat Muslim. Mimpi mengandung pesan spiritual, arti, dan makna yang harus mendapatkan penafsiran agar pesan itu bisa ditangkap dengan baik.

Bahkan, Allah memberikan anugerah kepada Nabi Yusuf As yang bisa melakukan takwil, menerjemahkan, atau menafsirkan mimpi. Nabi Ibrahim pun mendapatkan wahyu melalui mimpi sebanyak tiga kali.

Menurut ajaran agama Islam, tafsiran mimpi ada tiga seperti yang dijelaskan di atas, yaitu mimpi buruk yang datang dari setan, mimpi baik yang berasal dari Allah, dan mimpi dari alam pikiran, psikologi dan perasaan sendiri.

Masih menganggap remeh mimpi? Nabi Yusuf dikisahkan dalam Alquran, pernah bermimpi melihat sebelas bintang, bulan, dan matahari yang bersujud kepadanya. Setelah bangun tidur, Nabi Yusuf menceritakan kepada ayahnya, Nabi Ya'qub.

Nabi Ya'qub memberikan tafsiran mimpi anaknya bahwa Nabi Yusuf yang dikenal ketampanannya itu akan menjadi orang terpilih. Sebelas bintang adalah saudaranya yang jumlah sebelas, matahari adalah ayahnya, dan bulan adalah ibunya.

Takut saudara-saudaranya iri dan berbuat jahat kepadanya, Nabi Yusuf dipesan untuk tidak menceritakan mimpinya itu kepada saudaranya, kecuali Bunyamin. Persis yang dikatakan dalam sebuah hadis di atas, sebaiknya hanya ceritakan kepada orang yang Anda sukai bila mendapatkan mimpi baik karena takut ada yang iri.

Demikian artikel tafsiran, arti & makna mimpi dalam pandangan Islam. Semoga Anda bisa mengambil hikmah dan pesan tersirat dari mimpi-mimpi saat Anda tengah terlelap tidur. Semoga bermanfaat, amien. (*)

Subscribe to receive free email updates: