Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah


 

                                             Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Bibir yang lembut merupakan indikator kecantikan. Sekalipun wajah Anda tampak berkilau dalam polesan makeup, dengan bibir kering dan pecah-pecah, rasa percaya diri pasti berkurang. Umumnya bibir kering dan pecah-pecah disebabkan kurangnya kelenjar minyak, penggunaan lipstik yang kurang tepat, sering berada dalam ruangan ber-AC, pengaruh cuaca, atau pergantian musim. Jika tidak segera ditindak, bibir akan tambah kering dan terasa perih, bahkan berdarah. Dalam menyikapinya, kita perlu sedikit berhati-hati. Seringkali kita melakukan kebiasaan yang dianggap normatif padahal sebaliknya memperparah keadaan

Ketika bibir kering, sering kali kita membasahi dengan saliva atau air liur. Sebenarnya langkah ini keliru. Bibir justru akan kehilangan kelembapannya saat bersentuhan dengan saliva. Bagaimana cara yang tepat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah? Selain ada beberapa langkah normatif yang bisa dilakukan, baru-baru ini ada krim khusus yang mampu mencegah maupun mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.


                                            
1. Berhenti mengelupas kulit bibir
Biasanya, kalau bibir sudah kering, kita gemas untuk segera mengelupas kulit yang mengering dan tampak tak sedap itu. Selain menyakitkan, aktivitas ini bukannya membuat bibir lebih baik malah menimbulkan masalah baru. Mengelupas kulit yang mengering bisa memebuat bibir yang terluka hingga terinfeksi. Yang dapat dilakukan gunakan handuk kecil, basahi dengan air hangat kemudian usap pelan-pelan pada kulit yang kering. Biasnya kulit yang ekstrem kering dan pecah-pecah, pelan-pelan akan terlepas sendirinya dengan teknik kompres tersebut.

2. Jangan membasahi bibir dengan air liur
Banyak orang mengira, cara tercepat mengatasi bibir kering adalah membasahinya dengan saliva dari lidah. Sebaliknya, tindakan ini malah membuat bibir makin kering pada menit-menit selanjutnya. Lebih baik oleskan lip balm atau vaseline yang mengandung vitamin E dan C. Maka, alangkah baiknya bila Anda selalu mengantongi lip balm setiap harinya, kemanapun Anda pergi.

3. Bersihkan lipstik dengan benar
Sepulang beraktivitas, selain membersihkan wajah, bersihkan bibir sebersih-bersihnya. Ada pembersih khusus bibir yang Anda dapatkan pada gerai kosmetik. Jangan lupa pula bubuhkan pasta gigi pada bibir tipis-tipis, sikat dengan lembut dan perlahan-lahan. Ini cara sederhana dalam melakukan eksfoliasi (pengelupasan kulit) ringan pada bibir.

4. Lakukan tes sebelum membeli lipstik
Jangan mencoba tester lipstik pada bibir, karena kurang higienis. Lakukan tes pada punggung tangan atau ujung jari. Biarkan 10-15 menit. Jika tidak cocok atau alergi terhadap lipstik itu, Anda akan merasakan gatal atau panas.

5. Banyak minum air putih dan mengonsumsi buah
Selain kekurangan kelenjar minyak, kering juga identik dengan kurangnya cairan. Saat tubuh kekurangan cairan, kulit termasuk kulit bibir akan mengalami kekeringan. Maka, minumlah air putih minimal segelas malam hari menjelang tidur, pagi hari saat bangun, ketika akan pergi kerja atau beraktivitas, dan sediakan selalu sebotol air putih yang untuk menyertai aktivitas Anda. Buah-buahan seperti apel, dan jeruk juga membantu membuat bibir segar.

6. Perawatan khusus dengan krim bibir
Biasanya selain mengandung antioksidan  yang melembapkan sunscreen untuk melindungi bibir dari sengatan sinar matahari. Klau mau hasil yang maksimal, oleskan juga pada bibir setiap malam sebelum tidur. Bahkan jika bibir Anda sudah akut tingkat kekeringannya, jangan gunakan lipstik untuk beberapa waktu, biar krim bibir bekerja maksimal memulihkan kondisi bibir Anda

Subscribe to receive free email updates: