Makna Hari Ibu 22 Desember 2015

--Makna Hari Ibu--Pada Bulan Desember tepatnya tanggal 22 selalu diperingati Hari Ibu, dan tidak hanya di Indonesia saja di Amerika pun  setiap minggu ke dua di bulan Mei diperingati juga  sebagai hari ibu yang dikenal dengan nama Mother  Day. Walaupun beda tetapi mengandung arti atau  makna yang sama, kata  ibu disini mencangkup  Ibu,  Nenek maupun Calon Ibu. Sejarah hari ibu di indonesia sendiri dimulai dengan diadakannya kongres pertama organisasi-organisasi wanita di Jogjakarta  pada tanggal  22  Desember  1928.   


Kongres  perempuan  ini  kini  dikenal  dengan  nama  Kongres Wanita Indonesia, kongres perempuan ini bertujuan atau memiliki makna untuk ikut mengambil bagian dalam pergerakan nasional. Sehingga perempuan mempunyai peran. Ditengah  keterbatasan perempuan, ternyata perempuan mampu untuk  ikut berpartisipasi dalam  dominasi  dunia pria di Indonesia.  Kita  sudah  sering  melihat  prestasi  perempuan  dalam  berbagai  bidang  seperti  politik,  sosial,teknologi, maupun olah raga. 
Makna Hari Ibu 22 Desember 2015
--Makna Hari Ibu--Walaupun masih banyak orang yang merendahkan kaum perempuan namun mereka tetap dapat menunjukkan eksistensinya  dalam  berbagai  bidang.  Jadi  apakah  kita  pantas  untuk  merendahkan martabat kaum perempuan ? Jika demikian, mengapa masih banyak kaum perempuan menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga, padahal kalau  kita  mengingatnya kita terlahir dari seorang perempuan yaitu ibu. Ibu yang  merawat dan membesarkan sehingga menjadi pribadi yang besar saat ini. Seringkali kita melihat di samping pemimpin besar selalu ada wanita yang  tangguh. Baik sebagai  istri  maupun  sebagai  Ibu  kita  akan  selalu  melihat  fenomena  ini  di  Dunia.  Jadi  kitahendaknya harus selalu menghormati kaum perempuan karena peran besar seorang Ibu yang tak dapat digantikanoleh kaum pria.

--Makna Hari Ibu--Segala bentuk kekerasan yang dialami perempuan baik di rumah tangga ataupun para Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang  mengais  rezeki  di  luar  negeri  selalu  menjadi  sasaran  kemarahan  yang  berakibat  menyakiti  secara  fisik, seksual,  mental  atau  penderitaan  terhadap  perempuan,  dan  hal  itu  merupakan  perjuangan  perempuan  untuk menghidupi anggota keluarga, yang seharusnya seorang suami menjadi tulang punggung keluarga. Banyak alasan yang  membuat  kaum  perempuan  yang  menjadi  TKW  di  luar  negeri  meskipun  resiko  yang  sangat  besar  harus mereka terima. Peran perempuan sangatlah penting baik di rumah tangga ataupun di masyarakat, banyak perempuan-perempuan berprestasi  yang mampu mengalahkan kaum pria,  tapi bagaimanapun kuatnya peran perempuan  tidak lepas dari kodrat sebagai seorang ibu dan seorang istri yang harus patuh terhadap suami.
 Makna Hari Ibu 22 Desember 2015

Mengingat Hari  Ibu yang selalu diwarnai dengan berbagi kegiatan dan dijadikan  momentum untuk menyadarkan kembali   tanggung   jawab  perempuan   terhadap   masyarakat   dan  keluarga.   Hanya  dengan  memikirkan  atau mengucapkan kata ibu maka kita langsung teringat dengan jasa Ibu kita, membuat diri kita terenyuh dan berpikirapakah kita sudah berbuat baik untuk membalas jasa besar Ibu kita ? Jasa ibu sendiri tidak bisa kita gantikan dalam kehidupan ini. Kasih sayang ibu sepanjang masa, kita sebagai anak maka patutlah bagi kita untuk mendengarkan nasehat beliau dan   merawat beliau kelak   ketika   sudah   berumur.   Sebagai   seorang   suami   maka hendaknya   suami   selalu menghormati pendapat istri dan tidak menganggap rendah istrinya sehingga melakukan kekerasan rumah tangga karena kelemahan wanita.

Itulah yang mendasari semangat Hari Ibu 22 Desember  bukan hanya menjadi  ibu bagi anak-anaknya tapi menjadi ibu bagi bangsa. Marilah kita memaknai Hari Ibu ini dengan lebih menghormati jasa dan peran wanita dalam hidup kita.
Selamat Hari Ibu !

Subscribe to receive free email updates: